Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Perendaman dengan Air Garam

Dengan Hormat, saya pria umur 23 tahun tinggi 178 cm, berat 72 kg, tinggal di Bandung. Keluhan saya, sejak saya SD tangan saya mulai terasa basah, hingga sekarang telapak tangan dan telapak kaki saya masih basah, ada yg bilang ini ada hubungan dengan jantung. Yang saya mau tanyakan, apakah hal seperti ini dapat dibilang penyakit atau keturunan? Tetapi di keluarga besar kami baru saya yang mengalami seperti ini. Pertanyaan kedua, apakah bisa disembuhkan penyakit saya ini? Dengan pengobatan biasa atau alternatif? Pertanyaan ketiga atau terakhir. Apakah bisa disembuhkan di tempat Bapak/Ibu? Terima kasih, saya mohon dijawab dengan cepat dan lengkap. Terima kasih banyak.

Pertanyaan dari Elan (posted on: 19th of July 2002)
Jawaban dari Dr. Yuda Turana www.medikaholistik.com

Yth Sdr. Elan. Telapak tangan kita dipengaruhi oleh persarafan otonom yang mempengaruhi kelenjar keringat. Jadi pada saat pikiran kita stress pun pada orang tertentu akan keluar keringat dingin terutama di telapak tangan. Pengobatan spesifik untuk tangan keringat sebenarnya tidak ada. Namun anda dapat mencoba merendam tangan di segayung air ditambah garam dapur 1 sendok makan selama 5 menit dapat anda lakukan 2 kali sehari. Bila anda mau berobat mengenai hal tersebut dengan tanaman obat anda dapat lihat informasi klinik di www.medikaholistik.com. Selamat mencoba.

Sumber: www.medikaholistik.com

Komentar

cree mengatakan…
yth pak mohammad adriyanto,sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri saya nama saya sri dan sekarang status saya adalah mahasiswa,saya juga merupakan salah satu penderita hyperhidrosis,hal ini pun baru saya ketahui setelah browsing di internet,sungguh saya sangat bersyukur bisa menemukan halaman blog anda,informasi yang anda berikan sangat2 membantu...dalam perkenalan pertama saya ini saya ingin mengajukan pertanyaan apakah anda sebagai salah satu penderita hyperhidrosis telah berhasil sembuh dari penyakit anda ini?kiranya respon yang anda berikan sangat saya harapkan dalam ikhtiar dan niat saya untuk benar2 sembuh.....
Unknown mengatakan…
Salam hormat,
perkenalkan nama saya Hamid, saya punya masalah yang sama seperti saudara Elan_Hyperhidrosis, penanganan apa yang efektif buat saya, saya menderita hyperhydrosis sejak SD, kemarin saya baru konsultasi dengan beberapa dokter spesialis ( spesialis jantung, penyakit dalam , saraf, bedah saraf) semuanya tidak ada masalah kecuali pada saraf otonom dan simptis dan saya mengajukan untuk dilakukan pembedahan tapi dokter bilang tidak dimungkinkan karena terjadi pada kedua belah telapak tangan dan kaki saya, kata dokter kalau hanya sebagian masih memungkinkan, sungguh saya sangat mengharapkan pencerahan dan informasinya penanganan apa yang tepat buat saya apa melalui suntik BOTOX, alluminium chloride, Lontophoresis, bedah Needlescopic Thoracic Sympathectomy, iontophoresis, ETS, ETS-C,atau ESB. mohon bantuannya, saya menginginkan kehidupan yang baru di tahun baru nanti,
Terima kasih
Unknown mengatakan…
Salam hormat,
perkenalkan nama saya Hamid, saya punya masalah yang sama seperti saudara Elan_Hyperhidrosis, penanganan apa yang efektif buat saya, saya menderita hyperhydrosis sejak SD, kemarin saya baru konsultasi dengan beberapa dokter spesialis ( spesialis jantung, penyakit dalam , saraf, bedah saraf) semuanya tidak ada masalah kecuali pada saraf otonom dan simptis dan saya mengajukan untuk dilakukan pembedahan tapi dokter bilang tidak dimungkinkan karena terjadi pada kedua belah telapak tangan dan kaki saya, kata dokter kalau hanya sebagian masih memungkinkan, sungguh saya sangat mengharapkan pencerahan dan informasinya penanganan apa yang tepat buat saya apa melalui suntik BOTOX, alluminium chloride, Lontophoresis, bedah Needlescopic Thoracic Sympathectomy, iontophoresis, ETS, ETS-C,atau ESB. mohon bantuannya, saya menginginkan kehidupan yang baru di tahun baru nanti,
Terima kasih

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Hyperhidrosis, Facts & Treatment