Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Pertanyaan, sejak kecil telapak tangan dan telapak kaki saya selalu basah pada siang hari terutama bila cuaca panas. Hal ini sangat menggangu aktivfitas saya sebagai seorang guru yang selalu memegang kertas. Tetapi jika malam hari hal itu tidak pernah terjadi, malah yang terjadi saya selalu kedinginan (tidak pernah merasakan panas/gerah) pada malam hari. Penyakit apakah ini, dan bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih atas jawabannya.


Jawab:

Tangan dan kaki sering berkeringat merupakan salah satu bentuk sensitivitas tubuh yang berlebihan. Banyak penyebab yang memungkinkan terjadinya keluhan ini antara lain karena kelenjar gondok kita yang membesar.

Suhu badan diatur oleh bagian otak yang dinamakan hipotalamus, selain itu kulit ikut pula mengatur suhu tubuh dengan jalan mengeluarkan keringat bila udara terlalu panas, badan terlalu panas atau demam. Penyakit TBC paru-paru biasanya akan menimbulkan keringat di malam hari yang kadang-kadang sampai membasahi baju penderita.

Orang yang dalam ketakutan atau emosi dapat mengeluarkan banyak keringat pada daerah tertentu, terutama pada telapak kaki, telapak tangan, muka dan dahi. Penyakit hipertiroid dapat juga menyebabkan banyak keringat.

Dalam kondisi normal, keringat yang keluar sekitar 50 cc per jam. Jumlah ini akan berkurang atau bertambah jika ada faktor-faktor berikut: suhu lingkungan yang tinggi, gangguan dalam penyerapan air pada ginjal (gagal ginjal), kelembapan udara, aktivitas tubuh yang meningkat sehingga proses metabolisme berlangsung lebih cepat untuk menghasilkan energi, gangguan emosional, dan menyempitnya pembuluh darah akibat rangsangan pada saraf simpatik.

Penyebab keringat berlebihan hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan gangguan dan hiperaktifitas pada mata rantai saraf simpatik sebagai pengendalikan pembentukan keringat atau hiperaktifitas pada kelenjar keringatnya itu sendiri.

Satu keluhan tersebut tidak dapat memastikan penyebabnya, mungkin bisa saja karena anda sedang stres sehingga stimulasi hormon menjadi meningkat dan timbul keringat banyak. Faktor lain yang bisa juga menyebabkan tangan mudah berkeringat, misalnya ada gangguan di jantung atau di lambung.

Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan yang lebih spesifik baik oleh dokter spesialis maupun melalui pemeriksaan laboratorium. Untuk menyembuhkannya harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Di samping itu, cobalah anda lihat pada jari kelingking dan jari tengah, bila jari-jari tersebut terlihat bengkok (tidak semestris) mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Sedangkan telapak tangan berpeluh menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak nafas dan stres.

Sangat dianjurkan agar anda memperbanyak minum air putih, hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh anda akibat keringat yang sering keluar tersebut, sekaligus dapat membantu menjaga stabilitas mekanisme kerja organ-organ tubuh yang memang memerlukan banyak cairan untuk melakukan fungsinya.

Cobalah mengonsumsi Omega-3 Softgel, Spirulina dan Madu. Omega 3 Gel dan Spirulina diminum 2 kapsul pagi dan malam, diminum 30 menit sebelum makan. Sedangkan madu, dua sendok makan madu dicampur setengah gelas air hangat, lalu diaduk hingga merata, kemudian diminum pagi dan malam. Lebih mengonsumsinya berbarengan dengan Omega 3 dan Spirulina.

Sumber: http://www.eramuslim.com/csl/hrb/45580973.htm

8 comments:

HerbaMedication said...

Good informations, just want to sharring this blog contain methods how to make and use herbal by yourself and it's picts :). http://www.HerbaMedication.blogspot.com

Dee said...

SaLam keNaL, Saya Dian, Ada bBrapa pRtanyaAn yG Msh MengGanjaL, SemOga bS Trjawab..
Tangan daN Kaki Saya jUgA Sering bRKeringat, tApi jikA SaLah Satu Teman Saya bAru Tahu, Teman Saya itU Lgsung Menebak bHwa Saya Menderita Jantung Lemah. Apakah itU Brhubungan?
SeLain itU Maksud Jari KeLingking daN Tengah tiDak Simetris itU Bgaimana?
Dan Apakah iNi Merupakan Penyakit keTurunan?

TerimaKasih Banyak..

Rita said...

lam knal.... aku mengalami keringat di telapak kaki dan tangan udah 7 tahun lebih, bahkan sampai tulang2 terasa ngilu karena dingin kayak es. kira2 pengobatan yg harus dilakukan apa yah???? dimana tempat pengobatan yg paling tepat??? dan biaya yg di habiskan kira2 berapa????

DedzZ StorY said...

Buat temen2..., saya juga memiliki masalah yang sama seperti anda semua. Semoga dengan artikel saya KLIK di SINI

apriel violet said...

saya juga mengalami hal yg sama seperti kalian,,, bapak saya dulu waktu remaja tangan dan kakinya juga basah tpi skarang sudah hilang,. dan itu juga terjadi pada sya sampai saat ini (18 thun),,, saya blum pernah konsultasi pda dokter.. karena saya takut,. ad gk obat herbal atw cara'' alami buat ngobatinnnya...

www.harysuciyanto.com said...

sy juga mengalami penyakit hyperhidrosis tangan dan kaki yang selalu basah, skrang sdh jauh berkurang alhamdulillah Allah telah meringankan beban sy... penyakit sy sdh sangat berkurang bagi yang mengalami silahkan anda ke RS sarjito dibagian penyakit syaraf (poli wijaya kusuma konsultasi dg dokter spesialis bedah syaraf Dr. Endro)anda akan diberi terapi obat bukan operasi, ya Allah sembuhkanlah orang2 yang mengalami penyakit seperti sy (percayalah Allah menciptaan suatu penyakit pasti ada obatnya
amien selamt berkonsultasi....

fahmi said...

@www.harysuciyanto.com..
maaf mas hary ini bener yang di rumah sakit sarjito yang dokter endro? bukan boong boongan kan.
soalnya saya pengen merid nih. takut salaman ma orang karena tangan basah.

viktoria mama said...

Mas harry..Biaya nya berapa ya?