Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Pertanyaan, sejak kecil telapak tangan dan telapak kaki saya selalu basah pada siang hari terutama bila cuaca panas. Hal ini sangat menggangu aktivfitas saya sebagai seorang guru yang selalu memegang kertas. Tetapi jika malam hari hal itu tidak pernah terjadi, malah yang terjadi saya selalu kedinginan (tidak pernah merasakan panas/gerah) pada malam hari. Penyakit apakah ini, dan bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih atas jawabannya.


Jawab:

Tangan dan kaki sering berkeringat merupakan salah satu bentuk sensitivitas tubuh yang berlebihan. Banyak penyebab yang memungkinkan terjadinya keluhan ini antara lain karena kelenjar gondok kita yang membesar.

Suhu badan diatur oleh bagian otak yang dinamakan hipotalamus, selain itu kulit ikut pula mengatur suhu tubuh dengan jalan mengeluarkan keringat bila udara terlalu panas, badan terlalu panas atau demam. Penyakit TBC paru-paru biasanya akan menimbulkan keringat di malam hari yang kadang-kadang sampai membasahi baju penderita.

Orang yang dalam ketakutan atau emosi dapat mengeluarkan banyak keringat pada daerah tertentu, terutama pada telapak kaki, telapak tangan, muka dan dahi. Penyakit hipertiroid dapat juga menyebabkan banyak keringat.

Dalam kondisi normal, keringat yang keluar sekitar 50 cc per jam. Jumlah ini akan berkurang atau bertambah jika ada faktor-faktor berikut: suhu lingkungan yang tinggi, gangguan dalam penyerapan air pada ginjal (gagal ginjal), kelembapan udara, aktivitas tubuh yang meningkat sehingga proses metabolisme berlangsung lebih cepat untuk menghasilkan energi, gangguan emosional, dan menyempitnya pembuluh darah akibat rangsangan pada saraf simpatik.

Penyebab keringat berlebihan hingga saat ini belum diketahui secara pasti, namun ada dugaan gangguan dan hiperaktifitas pada mata rantai saraf simpatik sebagai pengendalikan pembentukan keringat atau hiperaktifitas pada kelenjar keringatnya itu sendiri.

Satu keluhan tersebut tidak dapat memastikan penyebabnya, mungkin bisa saja karena anda sedang stres sehingga stimulasi hormon menjadi meningkat dan timbul keringat banyak. Faktor lain yang bisa juga menyebabkan tangan mudah berkeringat, misalnya ada gangguan di jantung atau di lambung.

Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan yang lebih spesifik baik oleh dokter spesialis maupun melalui pemeriksaan laboratorium. Untuk menyembuhkannya harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Di samping itu, cobalah anda lihat pada jari kelingking dan jari tengah, bila jari-jari tersebut terlihat bengkok (tidak semestris) mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Sedangkan telapak tangan berpeluh menandakan seseorang mengalami gangguan pada selaput jantung, paru-paru, sesak nafas dan stres.

Sangat dianjurkan agar anda memperbanyak minum air putih, hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh anda akibat keringat yang sering keluar tersebut, sekaligus dapat membantu menjaga stabilitas mekanisme kerja organ-organ tubuh yang memang memerlukan banyak cairan untuk melakukan fungsinya.

Cobalah mengonsumsi Omega-3 Softgel, Spirulina dan Madu. Omega 3 Gel dan Spirulina diminum 2 kapsul pagi dan malam, diminum 30 menit sebelum makan. Sedangkan madu, dua sendok makan madu dicampur setengah gelas air hangat, lalu diaduk hingga merata, kemudian diminum pagi dan malam. Lebih mengonsumsinya berbarengan dengan Omega 3 dan Spirulina.

Sumber: http://www.eramuslim.com/csl/hrb/45580973.htm

Komentar

HerbaMedication mengatakan…
Good informations, just want to sharring this blog contain methods how to make and use herbal by yourself and it's picts :). http://www.HerbaMedication.blogspot.com
Dee mengatakan…
SaLam keNaL, Saya Dian, Ada bBrapa pRtanyaAn yG Msh MengGanjaL, SemOga bS Trjawab..
Tangan daN Kaki Saya jUgA Sering bRKeringat, tApi jikA SaLah Satu Teman Saya bAru Tahu, Teman Saya itU Lgsung Menebak bHwa Saya Menderita Jantung Lemah. Apakah itU Brhubungan?
SeLain itU Maksud Jari KeLingking daN Tengah tiDak Simetris itU Bgaimana?
Dan Apakah iNi Merupakan Penyakit keTurunan?

TerimaKasih Banyak..
Rita mengatakan…
lam knal.... aku mengalami keringat di telapak kaki dan tangan udah 7 tahun lebih, bahkan sampai tulang2 terasa ngilu karena dingin kayak es. kira2 pengobatan yg harus dilakukan apa yah???? dimana tempat pengobatan yg paling tepat??? dan biaya yg di habiskan kira2 berapa????
JMStudio - Dedy Izham mengatakan…
Buat temen2..., saya juga memiliki masalah yang sama seperti anda semua. Semoga dengan artikel saya KLIK di SINI
apriel violet mengatakan…
saya juga mengalami hal yg sama seperti kalian,,, bapak saya dulu waktu remaja tangan dan kakinya juga basah tpi skarang sudah hilang,. dan itu juga terjadi pada sya sampai saat ini (18 thun),,, saya blum pernah konsultasi pda dokter.. karena saya takut,. ad gk obat herbal atw cara'' alami buat ngobatinnnya...
harysuciyanto.blogspot mengatakan…
sy juga mengalami penyakit hyperhidrosis tangan dan kaki yang selalu basah, skrang sdh jauh berkurang alhamdulillah Allah telah meringankan beban sy... penyakit sy sdh sangat berkurang bagi yang mengalami silahkan anda ke RS sarjito dibagian penyakit syaraf (poli wijaya kusuma konsultasi dg dokter spesialis bedah syaraf Dr. Endro)anda akan diberi terapi obat bukan operasi, ya Allah sembuhkanlah orang2 yang mengalami penyakit seperti sy (percayalah Allah menciptaan suatu penyakit pasti ada obatnya
amien selamt berkonsultasi....
fahmi mengatakan…
@www.harysuciyanto.com..
maaf mas hary ini bener yang di rumah sakit sarjito yang dokter endro? bukan boong boongan kan.
soalnya saya pengen merid nih. takut salaman ma orang karena tangan basah.
Unknown mengatakan…
Mas harry..Biaya nya berapa ya?
pipitpuspa mengatakan…
Saya juaga mempunya riwayat yg sma seperti tmn2n, saya kira haya sya yg mengalaminya soalnya dari teman2 saya haya sya yg tangn dan kakinya suka berkerungat
Saya mengalami tangan dan kaki berkeringat terus terang terganggu, saya sering di ledek sma tmn2 sya yang tdk mau berjabat tangan dg saya karna tangan daya basah,dan sya jka pake sepatu jg cepat bau,dan penah sya saat melamar pekerjaan saya di interviu saya sunguh tdk percaya diri saat berjabat tangan karena tgan sya yg basah, smoga ada obat untuk menyembuhkan sakit sya Amin

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Hyperhidrosis, Facts & Treatment