Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Penyebab Banyak Keringat dan Tips Mengatasinya

Bagaimana cara mengatasi keringat berlebih selama hari-hari yang panas? Ini merupakan pertanyaan umum untuk semua usia. Banyak berkeringat bisa membuat perasaan dan tubuh tidak nyaman. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi keringat, diambil dari tulisan Joe Quarter di Kompasiana.



  1. Memakai anti perspirant yang baik. Antiperspirant yang tepat akan mengurangi keringat berlebih.
  2. Mengurangi konsumsi kopi dan teh sepanjang hari yang panas. Disarankan untuk minum tidak lebih dari dua cangkir kopi atau teh per hari di musim panas. Minum berlebih dapat meningkatkan suhu tubuh dan menyebabkan lebih banyak keringat keluar. Sumber lain penyebab keringat adalah minuman energi. Minuman energi menyebabkan keringat karena mempercepat proses metabolisme tubuh.
  3. Penyebab selanjutnya dari keringat berlebih adalah makanan pedas dan kurang olahraga. Orang dengan kelebihan berat badan (obesitas) cenderung berkeringat lebih banyak. Jadi makan sehat dan menjaga berat badan dapat membantu mengatasi masalah keringat.
  4. Untungnya ada beberapa cara mudah untuk mencegah keringat. Makan buah anggur yang mempunyai efek pendingin bisa mengalahkan panas berlebih. Jus tomat juga mempunyai efek pendingin seperti anggur.
  5. Cara lain adalah dengan mengoleskan baking soda di bawah lengan (ketiak) Anda. Ini dapat berfungsi mengurangi keringat, dan akan membuat Anda merasa sejuk dan segar.
  6. Makan lebih banyak sayur dan buah-buahan untuk mengganti makanan berkalori tinggi. Makanan tinggi kalori sulit diproses oleh tubuh hingga menyebabkan masalah keringat berlebih.
  7. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan keringat selama hari-hari yang panas, untungnya tersedia banyak cara untuk menanganinya. di antaranya terapi refleksiologi atau dengan akupuntur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Hyperhidrosis, Facts & Treatment