Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Faktor Terpenting: Suasana Hati yang Nyaman

Berdasar pengalaman pribadi sejak kecil hingga mencapai umur 40+ saat ini, problema keringat berlebihan sebenarnya bukan masalah sama sekali. Selama paradigma kita menganggap bahwa ini bukan masalah, atau paling tidak bukan masalah besar, maka insya Allah anda akan aman saja. Keyakinan diri seperti itu sangat diperlukan untuk mengontrol diri anda secara psikologis dan membuat anda merasa nyaman, tidak ada kekuatiran, ketakutan, dll. Suasanya hati yang nyaman akan membuat kelenjar-kelenjar keringat anda merasa "tenang" pula dan tidak melakukan produksi berlebihan.

Suasana hati yang nyaman ini juga sangat bisa dikelola dengan baik. Berpakaianlah yang nyaman, pilihlah jenis kain, model pakaian yang nyaman sesuai keinginan anda. Jagalah agar sepatu dan kaos kaki anda dalam keadaan selalu bersih, jika mungkin gantilah di tengah hari, jika tidak gantilah setiap hari. Pilihlah model sepatu atau sandal yang paling nyaman dan memiliki perputaran udara yang baik sehingga tidak "terkukup" dan membuat kondisi basah didalamnya bertahan terlalu lama. Jika meungkinkan, lepaslah sepatu anda secara reguler, ini akan membuat kulit kaki menjadi "lega" dan tidak "berontak" mengeluarkan keringat banyak. Pengaturan yang baik akan membuat hati anda tenang dan nyaman.



Kemudian, buatlah teman-teman terdekat di tempat kerja, keluarga, dan tempat-tempat dimana anda sering beraktifitas mengetahui masalah anda. Tidak ada masalah jika anda berbagi dengan mereka, yakinlah mereka juga punya masalah juga yang berbeda. Setiap orang punya masalah masing-masing, jadi janganlah kuatir orang lain tahu masalah anda. Ini adalah kelainan yang masih jauh lebih normal dibanding kelaianan, penyakit atau cacat lain. Jika anda tahu persis bahwa orang-orang di sekitar anda tahu kelainan anda, itu adalah faktor penting penciptaan suasana yang nyaman bagi anda. Anda akan merasa tenang dan bebas dari rasa kuatir akan malu, dll.

Bagi anda yang memiliki anak dan atau keluarga yang masih berusia muda dan sudah memiliki gejala hyperhidrosis, sebaiknya berilah pengertian sejak dini. Sampaikan bahwa memang mereka memiliki sedikit kelainan, namun sama sekali bukan masalah dan banyak yang juga memiliki keunikan yang sama. Saya sarankan ke anak-anak saya yang semuanya memiliki gejala ini agar selalu mencuci tangan begitu ada kesempatan. Tangan yang terlalu lama basah dan dibawa beraktifitas akan membuat banyak kotoran seperti debu menempel dan menutupi pori-pori kulit. Ekskresi keringat akan makin terangsang dengan keadaan seperti itu, juga membuat tangan kita menjadi tidak nyaman. Saat sering dicuci, tangan akan bersih dan membuat suasana hati lebih enak dan sedikit mengurangi keluarnya keringat secara berlebih.

Selalu percaya diri, jangan kuatir terus, tetap semangat!

Komentar

Cucu Sudiana mengatakan…
That's right!!!Terkadang dengan keadaan yang membuat gelisah, tiba-tiba panik dan gugup suka membuat segalanya jadi berantakan!! But, tak ada yang perlu disesali..!:)

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Hyperhidrosis, Facts & Treatment