Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Bentuk-Bentuk Keringat Berlebih

Penyakit berkeringat (atau "hyperhidrosis") muncul dalam banyak bentuk. Beberapa orang menyebutnya hyperhidrosis, suatu deskripsi yang cukup baik, dengan mengingat bahwa penyakit hanyalah sebuah "dis-ease" (hilangnya kenyamanan), atau bisa pula diartikan sebagai suatu perasaan tidak nyaman akibat berlebihannya keringat. Dengan pemikiran seperti itu, mari kita telusuri beberapa bentuk dan tempat yang berbeda dimana keringat berlebihan memunculkan dirinya.

Berkeringat berlebihan di ketiak. Secara medis disebut 'Axilary hyperhidrosis' (dieja dengan dua 'l' kadang-kadang disebut sebagai 'Axillary') berkeringat di ketiak adalah salah satu bentuk yang paling umum penyakit berkeringat. Ini bisa sangat memalukan secara sosial, karena itu mudah terlihat (terutama jika Anda mengenakan pakaian abu-abu!). memang hal ini sangat sulit dihentikan, namun deodoran yang kuat bisa membantu sedikit meringankan. Selebihnya pakailan pakaian dalam dan juga luar yang mampu menyerap keringan dengan baik. Usahakan memakai singlet berlengan dan bukan yang tanpa lengak karena akan langsung membasahi baju terluar anda. Jika mulai berlebihan, masuklah ke toilet dan keringkan dengan handuk kecil yang anda bawa.


Berkeringat berlebihan di wajah. Ini bahkan lebih terlihat daripada keringat di ketiak, dan dapat menciptakan situasi sosial yang memalukan. Cara terbaik untuk berurusan dengan wajah berkeringat adalah dengan mengikuti metode menggunakan 'stackers' yang baik untuk wajah berkeringat (kemungkinan diterjemahkan sebagai pelapis wajah). Atau jika ingin sederhana, bawalah sapu tangan handuk yang selalu dalam keadaan bersih dan kering, namun dalam ukuran yang tidak menyolok. Jangan terlalu tegang saat keringat mulai bercucuran, ketegangan akan menambah cucuran keringat bertambah.

Berkeringat berlebihan di telapak tangan. Hal ini juga berdampak melemahkan secara sosial. Alasan utama adalah kebiasaan masyarakat kita yang selalu berjabat tangan sepanjang waktu. Jika telapak tangan Anda benar-benar berkeringat satu waktu dan seseorang menawarkan untuk menjabat tangan Anda, 1) lihat tangan anda sejenak, 2) buat raut wajah tidak yakin, 3) kepal tangan nda membentuk tinju, dan 4) katakan, "Wah, tangan saya agak kotor, beri aku toss", lalu tinjulah tangan orang tersebut seperti yang banyak dilakukan orang muda saat ini. Atau, santai saja dan tetaplah menjabat tangan orang tersebut dalam keadaan tangan anda basah. Dalam banyak kesempatan, ternyata orang tersebut sudah sering berhadapan dengan kelainan seperti yang anda hadapi, atau bahkan lebih baik lagi, ternyata dia juga memiliki masalah yang sama dengan anda. Ingatlah, bahwa banyak penderita kelainan ini di masyarakat kita saat ini. Kalaupun orang tersebut kaget dan bertanya tentang keadaan tangan anda, santailah dan angkat bahu sambil mengalihkan pembicaraan.

Berkeringat berlebihan di kaki dan telapak kaki. Dalam beberapa kasus, hal ini sangat mengganggu terutama jika produksi keringan sangat berlebihan dan keluar dengan tidak mengenal waktu dan situasi. Dalam banyak hal bisa tidak terlihat oleh pihak lain, namun masalah ada di anda sendiri, sepatu dan kaos kaki menjadi basah setiap saat dan potensial untuk menimbulkan bau yang tidak sedap. Solusi termudah adalah gunakan sepatu dan kaos kaki yang bersih setiap saat, gantilah kaos kaki setiap hari. Rotasi sepatu anda setiap hari, jangan pakai sepatu yang masih basah, keringkanlah terlebih dahulu.

Berkeringat berlebihan di malam hari. Keringat malam dapat menyebabkan penderita sering kaget dan terbangun tak terduga. Siklus tidur dapat terganggu dan bisa memiliki implikasi kesehatan yang serius. Pelajari lebih lanjut tentang keringat malam dan bagaimana menyembuhkan untuk selamanya.

Berkeringat berlebihan di badan. Bnetuk hyperhidrosis ini lebih mudah untuk disembunyikan dari pada bentuk-bentuk lain, tetapi dapat cukup menjengkelkan. Memiliki perasaan basah pada umumnya merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan di dunia. Kadang-kadang berkeringat di tubuh berhubungan dengan kondisi medis lain seperti diabetes atau hyperthyroid, jadi anda disarankan untuk berdiskusi dengan dokter.

Vagina berkeringat. Jelas, ini hanya bisa terjadi pada wanita. Ini adalah masalah umum, namun memang banyak pertanyaan tentang bagaimana cara mengobatinya. Seperti keringat tubuh, penyakit keringat vagina mudah untuk menyembunyikan, tapi sangat menjengkelkan.

Berkeringat berlebihan secara lokal. Bila Anda berkeringat hanya dalam satu atau dua bidang, seperti di ketiak dan telapak tangan, keringat anda dikategorikan lokal, atau terkonsentrasi di daerah tertentu. Ini berarti bahwa anda mungkin memiliki hyperhidrosis. Namun kasus-kasus lokal seperti ini biasanya menghilang sendiri setelah beberapa tahun.

Berkeringat berlebihan secara umum. Ini adalah ketika anda berkeringat dari sebagian atau semua lokasi di atas. Jika Anda hanya berkeringat pada umum di keseluruhan badan, tapi tidak terkonsentrasi di daerah bermasalah tertentu, itu disebut umum. Ini merupakan indikasi bahwa ada penyebab yang lebih serius medis yang mendasari, seperti diabetes. Silahkan berkonsultasi dengan dokter.

Berkeringat berlebihan pada anak. Silahkan mencari informasi lebih jauh mengenai ini, terutama bila anda adalah orangtua yang memiliki anak bermasalah seperti ini. Orang tua yang berurusan dengan keringat berlebihan pada anak dan remaja bisa melakukan banyak hal untuk menyembuhkan atau membantu anak mempermudah permasalahan yang dihadapi seperti bagaimana mengantar anak anda ke dokter, menemukan kemungkinan-kemungkinan pemicu fisik dan psikis, dan bagaimana membuat anak merasa lebih baik walaupun berkeringat.

Disarikan dari http://www.bye-bye-excessive-armpit-sweat.com/sweating-disease-types.html.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Hyperhidrosis, Facts & Treatment