Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Beberapa Saran Pengobatan

Dear dokter Anna, saya seorang mahasiswi 21 tahun, di Universitas Al-Azhar Cairo Egypt. Tangan dan kaki saya sering berkeringat, bahkan akhir-akhir ini saya rasakan jauh lebih parah dari biasanya. Misalnya saat memegang telepon, dalam waktu sekitar 5 menit saja, kadang keringat dari tangan saya menetes. Setelah saya tanyakan ke beberapa orang yang saya rasa cukup mengerti, pendapat mereka saya kemungkinan besar mengidap penyakit lemah jantung. Benarkah? Dan adakah cara penyembuhannya? Sekian terima kasih.

Salam
Lala


Sdri Lala yth,

Kelenjar keringat ada di seluruh bagian kulit tubuh kita, namun di telapak tangan/kaki dan ketiak jumlahnya lebih banyak dibanding kulit dibagian tubuh lainnya. Berkeringat adalah hal yang wajar terjadi bila suhu tubuh meningkat, lingkungan panas, atau dalam kundisi stress, prosesnya dikendalikan oleh sistim saraf otonom.

Pada orang- orang yang mengalami hyperhidrosis, stimulasi saraf otonom terhadap kelenjar keringat berlebihan, sehingga keringat mengucur di telapak tangan/kaki atau ketiak. Mungkin inilah yang terjadi pada diri anda. Jangan panik, ada sekitar tiga juta orang di Amerika yang mengalami hal seperti anda.

Cara mengatasi masalah ini ada beberapa anjuran: oleskan cairan drysol pada bagian tubuh yang mengalami keringat berlebihan, minum ramuan China, teh sage, obat golongan beta-blocker, anticholenergic, atau injeksi Botox.

Yang cukup banyak dikerjakan untuk terapi permanent adalah: bedah EST (Endoscopic Thoracic Sympathectomy).

Bila anda ingin tahu lebih banyak tentang hal tersebut diatas, silahkan buka internet dan cari topic HYPERHIDROSIS.

Wassalam,
Dr. Anna Ulfah Rahayoe, SpJP

Sumber: Pusat Jantung Nasional Harapan Kita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Hyperhidrosis, Facts & Treatment