Mengenal Hyperhidrosis: Jenis, Faktor Penyebab, Cara Mengatasi dan Alternatif Pengobatan

Hyperhidrosis adalah kondisi medis yang ditandai dengan produksi keringat yang berlebihan. Ini biasanya terjadi di tangan, kaki, ketiak, dan wajah. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis, serta membuat seseorang merasa tidak nyaman dan malu. Ada dua jenis hyperhidrosis, yaitu primer dan sekunder. Hyperhidrosis primer adalah kondisi di mana seseorang mengalami produksi keringat yang berlebihan tanpa penyebab jelas. Ini biasanya terjadi pada area-area tubuh seperti tangan, kaki, dan ketiak, dan dapat menyebabkan masalah sosial dan psikologis yang serius. Hyperhidrosis sekunder adalah kondisi di mana produksi keringat yang berlebihan disebabkan oleh faktor medis atau kondisi lain, seperti obesitas, menopause, gangguan tiroid, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengatasi penyebab utamanya. Beberapa cara untuk mengatasi Hyperhidrosis diantaranya dengan mengubah gaya hidup, perawatan kulit, terapi iontoporesi, Botox, dan operasi

Tangan Berkeringat, Alternatif Pengobatan

Dokter, saya seorang remaja berusia 18 tahun dan memiliki masalah dengan telapak tangan. Tangan saya selalu berkeringat dalam keadaaan tegang atau santai. Kata dokter, saya hyperhidrosis dan bisa hilang dengan bertambahnya usia. Saya juga tak boleh tegang. Namun saat nanda tidak tegang pun, tangan selalu berkeringat. Bagaimana menyembuhkannya, Dok?
Rahmayanti.xxx..com


Jawab:

Kelihatannya Rahma memang menderita hyperhidrosis, yaitu terpacunya saraf simpatis yang menyebabkan kelenjar keringat ekrin memproduksi keringat berlebih, terutama bila penderita dalam situasi stres emosional. Biasanya daerah yang terkena adalah telapak tangan dan kaki serta ketiak. Pengobatan untuk hyperhidrosis sampai saat ini belum ada yang memuaskan. Dahulu dokter memakai zat formalin yang dioleskan untuk mengurangi produksi keringat. Ada juga memakai obat minum, tapi sekarang sudah dilarang karena ternyata air mata dan air liur juga ikut berkurang sehingga membahayakan kesehatan.

Pengobatan paling baru dan cukup berhasil adalah dengan menyuntikkan BOTOX (toksin botulinum) di telapak tangan, sekitar 50 titik injeksi pada tiap telapak. BOTOX melumpuhkan saraf simpatis sehingga produksi keringat jadi normal. Sayang, harga BOTOX masih sangat mahal, yaitu sekitar 2 – 3 juta rupiah sekali pengobatan untuk 2 telapak tangan. Cara pengobatannya juga tidak nyaman/ nyeri. Hasilnyapun tidak menetap, harus diulangi tiap 4 – 5 bulan sekali. Tidak bisa sembuh permanen.

Saya setuju dengan pendapat dokter agar Rahma menghindari perasaan tegang. Bila perlu, berkonsultasilah pada psikolog. Bisa jadi ini merupakan lingkaran setan, maksudnya kalau berkeringat banyak, Rahma stres, terus makin berkeringat, jadi tambah tegang, tambah berkeringat, dan seterusnya. Untuk sementara coba sering taburkan bedak yang sangat menyerap keringat pada kedua telapak, terutama kalau sedang tegang. Kalau di Jakarta ada produk khusus bedak untuk penderita hyperhidrosis ini. Coba Rahma tanyakan pada dokter, ya...

Sumber: http://www.ummigroup.co.id/?pilih=lihat&id=362

Komentar

Hanz Zagarinoe Blog's mengatakan…
Tangan saya juga berkeringat dok,
saya seorang mahasiswa D3 semester akhir, dan dari kampus tempat saya kuliah sering kali menawarkan lowongan pekerjaan, tetapi kebanyakan tidak saya undur dikarenakan saya merasa tidak pede mengingat tangan saya seringkali berkeringat ketika interview dan bersalaman dengan pihak HRD dari peruhaan, saya sangat frustasi dengan kondisi saya ini dok" saya harus bagaimana mengatasi keadaan yang seperti ini dok mengingat saya adalah seorang cowok yang mau tidak mau suatu saat harus bekerja tetapi kondisi saya tangan selalu basah saat interview..
safar daeng rewa' mengatakan…
aq safar d makasar aq punya masalah dng tangan dan kaki yg berkeringat pd saat aq tegang jg santai,aq juga sering kaget2tan klo dengar suaq yg besar dan tiba2...
makasi

Postingan populer dari blog ini

Treatment For Sweaty Palms, Singapore Experience

Alternatif Obat Herbal Tangan Berkeringat

Hyperhidrosis, Facts & Treatment